Kamis, 28 Oktober 2010

Tidak Mau Booting Melalui CD ROOM

Deskripsi Masalah

Suatu saat Anda akan meng-install ulang sistem operasi atau akan melakukan booting dari media CD. Untuk hal itu booting akan dilakukan dari CD ROOM. Tetapi pada saat booting tetap saja booting tidak bisa melalui CD ROOM.

Solusi Masalah

BIOS
  1. Pastikan bahwa CD ROOM terdeteksi pada bios. Hal ini dapat dilihat pada bios, jika CD ROOM tidak terdeteksi maka pastikan bahwa CD ROOM dalam keadaan baik / tidak rusak. Pastikan juga kabel data CD ROOM dalam keadaan baik / tidak rusak. Jika CD ROOM terdeteksi tetapi booting tetap tidak mau dari CD ROOM maka lakukan langkah nomor 2.
  2. Pastikan bahwa Anda booting pertama melalui CD ROOM. Masuk ke Bios, pada waktu pertama kali komputer dinyalakan tekan tombol delete, f1, f2, atau f10 tergantung jenis motherboard dan bios yang digunakan. Cari dalam menu boot, ubah first boot ke CD ROOM. Setelah itu lakukan penyimpanan, lalu keluar dari bios.
  3. Jika masih tidak mau booting dari CD ROOM pastikan bahwa Anda menggunakan CD bootable ( CD yang dapat di-booting melalui CD / DVD ROOM ), dan pastikan CD yang digunakan dalam keadaan baik, bersih, dan tidak corrupt.




2 komentar:

BIK Pemula mengatakan...

Artikel yang sangat membantu...keep post

qbonk mengatakan...

Mantap....keep post

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...